PSBB Jilid 2, 5 Aktivitas Ini Bisa Bikin Produktif Saat di Rumah

  • Whatsapp
PSBB Jilid 2, 5 Aktivitas Ini Bisa Bikin Produktif Saat di Rumah

Bisa dibilang, setiap orang pasti merasakan dampak dari pandemi covid-19 yang merebak di Indonesia sejak awal Maret 2020 lalu. Hanya mungkin, skala dan kondisinya saja yang berbeda-beda. Satu yang pasti, aktivitas yang dibatasi di luar, harus diam di rumah jika nggak punya kepentingan, dan minim sosialisasi, tentunya sangat melelahkan dan bisa bikin stress bagi sebagian besar orang.

Ditambah lagi, khususnya untuk warga DKI Jakarta, PSBB jilid 2 resmi kembali dilaksanakan per tanggal 14 September 2020. Namun, jangan patah semangat & tetaplah patuhi protokol kesehatan demi kebaikan bersama ya.

Untuk mengatasi hal tersebut, kita perlu cepat adaptasi dan pintar-pintar mencari hobi atau aktivitas produktif lain selama di rumah aja, di luar pekerjaan rutin. Bukan hanya untuk meredakan stres dan jenuh, tapi juga bisa bermanfaat untuk belajar hal baru dan meningkatkan kemampuan diri. Syukur-syukur bisa dilanjutkan dan menjadi peluang bisnis yang bisa menghasilkan pundi-pundi keuntungan.

Nah, berikut ini ada 5 rekomendasi aktivitas produktif yang bisa kamu coba lakukan di rumah selama PSBB jilid 2 berlangsung.

Kulik-kulik resep di dapur

Sejak PSBB pertama, di Instagram story dan WhatsApp Story saya, banyak sekali teman dan kolega yang update foto hasil masakannya selama di rumah. Dari yang tadinya nggak bisa masak, jadi tertarik turun ke dapur dan ngulik-ngulik resep karena bosan di rumah aja. Dari yang tadinya udah rajin masak, sekarang jadi makin rajin dan nambah skill memasaknya karena terus mencoba resep baru.

Dapur sepertinya memang menjadi bagian paling menarik untuk dikulik di rumah selama masa pandemi. Sebab di dapur, kita bisa tanpa sadar menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengolah resep. Ada kebanggaan dan kepuasan tersendiri rasanya kalau resep yang kita olah berhasil, adonan kue yang kita olah mengembang sempurna, atau makanan yang kita masak ludes dalam sekejap dimakan keluarga. Sebaliknya, ada rasa penasaran dan merasa tertantang yang muncul ketika resep yang kita eksekusi malah gagal total, baik dari segi penampilan maupun rasa.

Jualan online

Bukan cuma update hasil masakan, banyak juga teman atau kerabat saya yang “mendadak” jualan online di Instagram dan WhatsApp story. Mulai dari pakaian, makanan berat, makanan ringan, buah, frozen food, suplemen, sampai masker dan hand sanitizer. Sebagian besar produk yang dijual adalah produk dengan brand sejenis/berasal dari supplier. Artinya, bisa jadi tipe bisnis/jualan yang dicoba adalah reseller atau dropshipper. Di mana bedanya: reseller harus menyetok barang dari supplier, sementara dropshipper hanya bertindak memasarkan produk dan meneruskan ke supplier/penjual jika ada pembelian lalu menerima komisi.

Buat kamu yang jago promosi & memasarkan produk, coba-coba jualan online mungkin bisa jadi aktivitas produktif yang dilakukan selama di rumah aja. Mengingat karena pandemi, belanja online lebih jadi pilihan banyak orang dibanding belanja langsung ke pasar, toko, atau supermarket.

Ikut webinar

Selama pandemi, banyak webinar gratis nan bergizi yang diselenggarakan oleh berbagai institusi. Mulai dari webinar tentang pendidikan, teknologi, bisnis, marketing, dan lain-lain. Webinar juga kerap menjadi salah satu cara yang dilakukan para pebisnis untuk mempromosikan produk/eventnya. Biasanya, event webinar juga dipromosikan melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram. Nggak jarang juga, melalui email dan WhatsApp. Kesempatan baik ini bisa kamu jadikan peluang untuk menambah ilmu dan keahlian, baik di bidang yang kamu sukai maupun di bidang baru yang ingin kamu coba geluti.

Beres-beres lemari & menyisihkan pakaian tidak terpakai

Tahukah kamu kalau saat ini bisnis thrift store atau pakaian bekas yang layak pakai banyak diminati orang? Nah, mumpung lagi di rumah aja, yuk coba beres-beres lemari dan sisihkan semua pakaian, sepatu, tas, dll yang nggak lagi terpakai tapi masih dalam kondisi baik. Daripada bikin penuh lemari dan makan tempat di rumah, lebih baik di-laundry lalu dijual online lewat media sosial, aplikasi jual barang bekas, atau ditawarkan ke teman. Uangnya bisa lumayan lho buat kebutuhan atau ditabung.

Baca buku atau belajar keahlian baru

Cuma suka numpuk & beli buku baru tapi bacanya nggak tau kapan? Nah, sekarang waktunya kamu menghabiskan waktu di rumah untuk membaca buku-buku tersebut. Selain bisa menambah wawasan, membaca buku juga dapat menjadi peluang relaksasi, menjernihkan pikiran, dan mengistirahatkan mata dari layar gadget (karena kerjaan atau keseringan nonton film).

Selain baca buku, belajar keahlian baru juga merupakan aktivitas yang patut dicoba selama di rumah aja saat pandemi. Misalnya: kamu tertarik belajar jahit tapi selama ini belum ada waktu luang. Tertarik bikin kue dan baking, tapi takut gagal pas coba? Mungkin sekarang adalah waktu yang tepat!

Sisihkan sedikit uang dari tabungan untuk mendukung keahlian baru tersebut, terutama yang membutuhkan alat khusus seperti mesin jahit dan oven/panggangan kue, supaya makin semangat dan maksimal menjalaninya. Kalau beli tunai terlalu mahal/sayang uangnya, kamu bisa mencoba membeli peralatannya dengan aplikasi kredit yang berbunga rendah dan prosesnya cuma 1 x 24 jam seperti Kredivo.

Sebagai aplikasi kredit online, Kredivo dapat memberikan limit s.d Rp 30 juta. Terutama jika kamu daftar sebagai user premium. Nah, limit yang kamu dapat nantinya dapat digunakan untuk transaksi di ratusan e-commerce dan juga merchant rekanan Kredivo seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, JD.id, dll. Ada dua tipe transaksi/metode pembayaran yang disediakan Kredivo yaitu: bayar dalam 30 hari tanpa bunga dan cicilan tanpa uang muka dengan tenor 3/6/12 bulan.

Untuk cicilan, suku bunga Kredivo hanya 2,6% per bulan. Dibanding aplikasi kredit lainnya, suku bunga Kredivo paling rendah dan bersahabat. Contohnya, untuk Microwave Oven Sharp di Tokopedia seharga Rp1.295.000, cicilan dengan Kredivo untuk tenor 6 bulan, per bulan angsurannya hanya sebesar Rp252.741 (sudah termasuk bunga). Untuk harga barang lain, kamu bisa mengecek langsung simulasi kreditnya di e-commerce terkait atau lewat aplikasi Kredivo ketika sudah memiliki akun.

Tertarik coba? Kamu bisa download aplikasi Kredivo sekarang juga dan langsung daftar sebagai user premium!

Related posts